24 September 2021 10:24 am

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi
๐Ÿ‚- *KEUTAMAAN MEMBACA SURAT AL-KAHFI* ๐Ÿ“–-

๐Ÿ“Œ- Dari Abu Ishaq, dia berkata, Aku mendengar al-Bara` berkata, Seorang laki-laki membaca Surat al-Kahfi di rumahnya yang di sana ada seekor kuda, tiba-tiba kudanya berontak, maka dia melihat, ternyata kabut atau awan telah memayunginya, maka dia menceritakan hal tersebut kepada Nabi, beliau bersabda,

ุงูู‚ู’ุฑูŽุฃู’ ููู„ูŽุงู†ูุŒ ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุงู„ุณู‘ูŽูƒููŠู’ู†ูŽุฉู ุชูŽู†ูŽุฒู‘ูŽู„ูŽุชู’ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ูุŒ ุฃูŽูˆู’ ุชูŽู†ูŽุฒู‘ูŽู„ูŽุชู’ ู„ูู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู.
_"Bacalah wahai fulan, sesungguhnya ia adalah ketenangan yang turun saat al-Qur`an dibaca, atau turun untuk al-Qur`an."_ (Diriwayatkan oleh Muslim, no. 795, 241)

๐Ÿ“Œ- Dari al-Bara`, dia berkata,

ูƒูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุฌูู„ูŒ ูŠูŽู‚ู’ุฑูŽุฃู ุณููˆู’ุฑูŽุฉูŽ ุงู„ู’ูƒูŽู‡ู’ููุŒ ูˆูŽุฅูู„ูŽู‰ ุฌูŽุงู†ูุจูู‡ู ุญูุตูŽุงู†ูŒ ู…ูŽุฑู’ุจููˆู’ุทูŒ ุจูุดูŽุทูŽู†ูŽูŠู’ู†ูุŒ ููŽุชูŽุบูŽุดู‘ูŽุชู’ู‡ู ุณูŽุญูŽุงุจูŽุฉูŒุŒ ููŽุฌูŽุนูŽู„ูŽุชู’ ุชูŽุฏู’ู†ููˆ ูˆูŽุชูŽุฏู’ู†ููˆ ูˆูŽุฌูŽุนูŽู„ูŽ ููŽุฑูŽุณูู‡ู ูŠูŽู†ู’ููุฑูุŒ ููŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง ุฃูŽุตู’ุจูŽุญูŽ ุฃูŽุชูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ a ููŽุฐูŽูƒูŽุฑูŽ ุฐูฐู„ููƒูŽ ู„ูŽู‡ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ุชูู„ู’ูƒูŽ ุงู„ุณู‘ูŽูƒููŠู’ู†ูŽุฉู ุชูŽู†ูŽุฒู‘ูŽู„ูŽุชู’ ุจูุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู.
_"Ada seorang laki-laki membaca Surat al-Kahfi, sementara di sampingnya ada seekor kuda yang tertambat dengan dua tambang, lalu awan memayunginya, awan itu mulai mendekat dan terus mendekat dan kudanya mulai berontak. Ketika pagi tiba, dia datang kepada Nabi a dan menceritakan hal itu, maka beliau bersabda, 'Itu adalah ketenangan yang turun karena al-Qur`an'."_ (Diriwayatkan oleh al-Bukhari, 6/232 dan Muslim, no. 795, 240)

๐Ÿ“Œ- Dari Abu Sa'id al-Khudri bahwa Nabi bersabda,

ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุฑูŽุฃูŽ ุณููˆู’ุฑูŽุฉูŽ ุงู„ู’ูƒูŽู‡ู’ูู ูููŠู’ ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุฉู ุฃูŽุถูŽุงุกูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ููˆู’ุฑู ู…ูŽุง ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู.
_"Barangsiapa membaca Surat al-Kahfi pada Hari Jum'at, maka dia diterangi cahaya di antara dua Jum'at."_ (Diriwayatkan oleh al-Hakim dalam al-Mustadrak, 2/368, dan lihat Shahih al-Jamiโ€™, no. 6346.) Dalam sebuah riwayat,

ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุฑูŽุฃูŽ ุณููˆู’ุฑูŽุฉูŽ ุงู„ู’ูƒูŽู‡ู’ูู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŽ ุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุฉูุŒ ุฃูŽุถูŽุงุกูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ููˆู’ุฑู ูููŠู’ู…ูŽุง ุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ู ูˆูŽุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ู’ุจูŽูŠู’ุชู ุงู„ู’ุนูŽุชููŠู’ู‚ู.
_"Barangsiapa membaca Surat al-Kahfi pada malam Jum'at, maka cahaya menyinarinya antara dirinya dengan Baitul Atiq."_ (Diriwayatkan oleh al-Baihaqi dalam Syu'ab al-Iman, no. 2444, 2445 dan lihat Shahih al-Jamiโ€™, no. 6367)

๐Ÿ“Œ- Dari Abu Sa'id al-Khudri y, dia berkata, Rasulullahbersabda,

ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุฑูŽุฃูŽ ุณููˆู’ุฑูŽุฉูŽ ุงู„ู’ูƒูŽู‡ู’ูู ูƒูŽู…ูŽุง ุฃูู†ู’ุฒูู„ูŽุชู’ุŒ ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ู„ูŽู‡ู ู†ููˆู’ุฑู‹ุง ู…ูู†ู’ ู…ูŽู‚ูŽุงู…ูู‡ู ุฅูู„ูŽู‰ ู…ูŽูƒู‘ูŽุฉูŽุŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุฑูŽุฃูŽ ุจูุนูŽุดู’ุฑู ุขูŠูŽุงุชู ู…ูู†ู’ ุขุฎูุฑูู‡ูŽุง ุซูู…ู‘ูŽ ุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ุงู„ุฏู‘ูŽุฌู‘ูŽุงู„ู ู„ูŽู…ู’ ูŠูุณูŽู„ู‘ูŽุทู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู.
_"Barangsiapa membaca Surat al-Kahfi sebagaimana ia diturunkan, maka ia akan menjadi cahaya baginya pada Hari Kiamat dari tempatnya hingga Makkah; dan barangsiapa membaca 10 ayat dari akhirnya kemudian Dajjal keluar, maka Dajjal tidak akan diberi kekuasaan terhadapnya."_ (Diriwayatkan oleh al-Hakim dalam al-Mustadrak, 1/564, dan lihat Irwa` al-Ghalil, 3/93. Al-Albani berkata, โ€œSanad ini shahih juga.โ€ Lihat Shahih at-Targhib wa at-Tarhib, hal. 94)

๐Ÿ“Œ- Dari Abu ad-Darda` y bahwa Nabibersabda,

ู…ูŽู†ู’ ุญูŽููุธูŽ ุนูŽุดู’ุฑูŽ ุขูŠูŽุงุชู ู…ูู†ู’ ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู ุณููˆู’ุฑูŽุฉู ุงู„ู’ูƒูŽู‡ู’ูู ุนูุตูู…ูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฏู‘ูŽุฌู‘ูŽุงู„ู.
_"Barangsiapa menghafal sepuluh ayat dari awal Surat al-Kahfi, niscaya dia dijaga dari Dajjal."_
Dalam sebuah riwayat disebutkan,
ู…ูู†ู’ ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู ุงู„ู’ูƒูŽู‡ู’ูู.
_"Dari awal (Surat) al-Kahfi."_ (Diriwayatkan oleh Muslim, no. 809)
==================


๐Ÿ”ฐ- Buku Keutamaan & Pahala Besar Membaca al-Qur'an โ–ช๏ธ-Keutamaan Membaca Surat al-Kahfi โ–ช๏ธ-Penerbit Darul Haq
Blog Post Lainnya
Social Media
Kontak
0812-8182-4445
0812-8182-4445
tokobukuimamsyafiibekasi@gmail.com
Berita Newsletter
`Berlangganan
-
@2024 Distributor Buku Imam Syafi'i Bekasi Inc.